Kamis, 26 Januari 2023

Konsistensi Menulis di Blog

 


Judul                : Konsistensi Menulis di Blog

Resume Ke      : 8

Gelombang      : 28

Tanggal            : 25 Januari 2023

Tema                : Komitmen Menulis di Blog

Narasumber     : Drs. Dedi Dwitagama, M.Si.

Moderator        : Sigid PN, S.H.

 

Pertemuan ke-8 dalam kelas belajar menulis gelombang 28 kali ini akan dipandu oleh moderator keren Bapak Sigid PN, S.H. dan yang menjadi narasumber kita adalah seorang motivator terkenal, penulis blog dan buku yaitu Drs. Dedi Dwitagama, M.Si.  

Pak Dedi merupakan motivator yang luar biasa dan sudah banyak memberikan masukan nasihat untuk semua kalangan, baik siswa maupun guru. Namun, dalam pertemuan kelas kali ini, materi yang akan disampaikan adalah fokus menulis blog. Harapannya agar peserta menulis yang hadir, dapat selalu konsisten dalam menulis di blognya masing-masing.

Kita semua masih ingat guru idola yang mengajar kita semua pada waktu Sekolah Dasar sampai tingkat Sekolah Menengah Atas. Guru yang menurut kita terbaik di antara guru yang lain di sekolah tersebut. Namun, sekarang ketika kita cari nama guru idola kita tersebut di mesin pencarian google, nama guru tersebut tidak ditemukan. Mengapa? Karena guru yang menjadi idola kita tersebut tidak produktif. Walaupun pada saat itu internet tidak ada, tetapi yang membuat kita bisa mencari nama guru kita bukan internet, melainkan produktif atau tidaknya seorang guru.

Untuk sekarang ini, walau kita sudah lulus dalam seleksi guru penggerak pun, apabila kita tidak produktif untuk menghasilkan hal yang baru, maka kita akan hilang dan tidak bisa dikenal oleh masyarakat lainnya. Kita dapat membuat berbagai karya, tetapi cara mudah bagi kita untuk dapat dikenal adalah dengan cara menulis. Dengan menulis, kita bisa memiliki karya yang dapat dimanfaatkan oleh khalayak ramai.

Seperti apa guru produktif itu?

Guru produktif adalah seorang guru yang dapat melakukan sesuatu di tengah kesibukannya dan menghasilkan sesuatu. Semua itu bisa kita lakukan sesuai dengan yang disepakati, dan tentunya dibutuhkan konsistensi terhadap diri kita sendiri. Dan menghasilkan sebuah karya yang terbaik.

Guru tidak hanya dinilai dari seragam. Guru yang berani keluar dari zona nyamannya dapat melakukan sesuatu di luar kebiasaannya sebagai guru, melakukan hal yang beda dari biasanya, sehingga guru tersebut dapat dilihat hasil karyanya. Sekalipun guru yang lain tidak ingin berkembang, kita tetap harus berani berkembang.

Guru produktif akan tampil dengan penuh percaya diri dan memiliki penghasilan yang lain, serta mampu mengenalkan sekolahnya dengan hal-hal yang bermanfaat.

Bagaimana cara guru untuk bisa produktif?

Guru dapat menulis buku, hanya saja ketika buku kita kalah bersaing dengan penulis yang lain maka karya kita akan hilang dan tidak diminati oleh orang lain. Kita juga bisa menulis di media masa lainnya. Nama kita akan cepat dikenal, tetapi untuk saat ini banyak media yang gulung tikar. Untuk itu, kita bisa menggunakan blog sabagai sarana menulis yang produktif. Karena blog akan selalu tersimpan rapi, walaupun penulisnya sudah tidak aktif atau sudah meninggal.

Saat ini eranya berganti dari menjadi penggunaan internet dan HP, sehingga menulis di blog dapat dimaksimalkan oleh guru-guru yang produktif. Melalui blog, kita bisa gunakan untuk kegiatan pembelajaran, memperkenalkan sekolah kita, menceritakan keberhasilan kita ketika membimbing anak perlombaan, dan masih banyak yang dapat kita lakukan. Kita bisa menuliskan setiap apapun yang kita lakukan pada blog pribadi kita. Karena manusia mati meninggalkan jejak. Blog inilah yang akan jadi jejak kebaikan.

Tips untuk dapat menulis konsisten di blog

  1. Tentukan tujuan tulisan kita agar tetap dapat fokus dalam menulis di blog
  2. Buatlah outline agar tulisan kita terarah dan mudah dipahami
  3. Mulailah menulis sekarang
  4. Selesaikan tulisan kita
  5. Segera dipublish
  6. Ikutlah komunitas penulis sehingga terjaga semangat kita
  7. Membaca tulisan orang lain
  8. Perkenalkan diri kita kepada orang lain.
  9. Ikut berorganisasi

Blog adalah media yang mudah digunakan oleh siapapun, dan kita bisa menulis apa saja yang dapat dimanfaatkan untuk kebaikan.

 

Oleh : Puspitasari Megahana


5 komentar:

Usaha Penerbitan Buku

  Resume ke.        : 30 Gelombang        : 28 Hari, tgl.             : Jumat, 17 Maret 2023 Tema.                  : Usaha Penerbitan...