Sabtu, 28 Januari 2023

Writing is Easy

 “Writing is Easy”

 

Berbicara masalah komitmen dan konsisten menulis, harus dipegang teguh oleh penulis jika ingin ada perubahan pada dirinya. Perubahan ke arah yang positif tentunya.

Teman-teman pembelajar sejati, moderator pada kelas ini adalah Ibu Lely Suryani. Pertemuan kali ini kita dibersamai oleh Narasumber yang juga seorang Kyai. Beliau adalah Prof. Dr. Ngainun Naim, M.H.I. yang juga seorang dosen di Perguruan Tinggi Negeri. Lahir di Tulungagung, 19 Juli 1975, sudah melahirkan 47 judul buku dan ratusan jurnal.

Menulis itu mudah” merupakan tema yang akan beliau bagikan dengan berbagai tips dan triknya di pertemuan ini.

Menulis itu bukan perkara mudah atau sulit, tapi agar bisa menulis caranya hanya satu, yaitu dengan menulis.

Kunci menulis yang mudah:

(1) Menulislah hal-hal sederhana yang kita alami.

Jadi pengalaman hidup sehari-hari itu sumber tulisan yang subur. Kita akan mudah menuliskannya karena kita menceritakan apa yang kita alami sehari-hari. Tinggal kita memilih aspek apa yang mau kita ceritakan. Tulis saja. Jangan takut salah atau jelek. Takutlah jika tidak menulis. Jika kunci pertama ini dijalankan, menulis akan mudah.

(2) Jangan menulis sambil dibaca lalu diedit.

Itu menjadi hambatan psikologis dalam menuangkan pikiran. Nulis itu ya nulis. Keluarkan saja apa yang ada dalam pikiran secara bebas. Terus saja menulis. Nah, selesai menulis atau karena sudah habis yang mau ditulis, tinggalkan dulu. Simpan di komputer. Jangan dibaca dulu. Cari suasana psikologis yang berbeda. Istilahnya ENDAPKAN DULU. Saat berbeda, misalnya nulisnya pagi, maka saat sore baru dibaca. Cermati kalimat demi kalimat. Tambahkan ide yang ada jika memang perlu ditambah. Jika ada typo, perbaiki. Sebelum mengunggah ke blog, baca ulang tulisannya. Bisa sekali atau dua kali. Prinsipnya sederhana: meminimalkan hal yang tidak sesuai dengan keinginan kita. Kenapa? Karena tulisan kita adalah jejak kita.

(3) Menulis tentang perjalanan.

Ini juga jenis tulisan yang mudah dibuat. Kita semua sangat sering melakukan perjalanan.

Nah, apa-apa yang kita lakukan di perjalanan bisa kita tulis. Jika kita rekreasi, tulis saja hal-hal yang dialami. Itu mudah karena kita menjalaninya.

(4) MENULIS SECARA NGEMIL. Sedikit demi sedikit.

Setiap hari menulis beberapa jenis tulisan. Tidak banyak. Untuk blog, target 3-5 paragraf. Untuk artikel jurnal, target 1 paragraf. Itu target minimal yang perlu diperjuangkan.

Bagaimana cara mengatasi kesulitan memulai menulis?

Kesulitan menulis itu biasanya karena persoalan psikologis. Takut jelek, takut salah, dan seterusnya. Itu harus dilawan. Caranya pokoknya ya ditulis. Awali tulisan dengan prolog sederhana. Ini sebagai pintu masuk untuk paragraf demi paragraf berikutnya. Kata salah seorang penulis: cara melawan kesulitan adalah dengan melakukan.

Bagaimana agar menulis itu benar-benar mudah?

Langkah awalnya itu dipaksa. Ya, tidak ada yang benar-benar mudah dalam hidup ini. Dulu kita berjalan saat kecil itu juga dipaksa oleh orang tua. Sekarang benar-benar mudah. Jadi jika menulis ingin benar-benar mudah, paksalah untuk menulis setiap hari. Jika mampu menulis setiap hari selama tiga bulan, buktikan nanti akan ketagihan.

Lawan terbesar penulis adalah diri sendiri. Itu butuh perjuangan. Seiring perjalanan waktu, kita abaikan itu. Pokoknya menulis saja. Kualitas itu akan meningkat seiring dengan banyaknya karya yang kita hasilkan. Tentu juga harus belajar tanpa henti. Cari informasi, menonton YouTube, membaca, dan teruslah menulis. Bagaimana kualitas bisa meningkat jika berhenti menulis?

Biasakan membuat TEMPLATE atau semacam ancangan (kerangka) sederhana saat membiasakan menulis secara nyicil. Misalnya: kita mau menulis tentang: “EMPAT HAL YANG MUDAH DITULIS”. Paragraf satu: buat panduan: Menulis Itu mudah apa sulit? Paragraf 2: Menulis yang dialami. Paragraf 3: Menulis Perjalanan. Dan seterusnya. Jadi setiap paragraf sudah ada kata kuncinya biar tidak liar ke mana-mana. Itu memudahkan kita dalam mengeksekusi ide saat memilih metode NYICIL.

Tulisan dengan judul yang berbeda, bisa dibuat sebuah buku. Tulisan demi tulisan tersebut dikumpulkan. Diberi judul, kata pengantar, daftar isi dan biodata penulis. Sudah bisa jadi buku. Banyak buku yang merupakan kumpulan dari menulis setiap hari.

Apakah dalam penulisan blog ada aturan yang mengikat?

Blog gratis seperti blogspot, tata letak dan sebagainya sederhana. Sedangkan blog yang berbayar, lebih bagus dari sisi isi dan tata letak.

Sebaiknya mengambil tema harian yang kita alami atau mengangkat tema yang tengah booming?

Bisa dua-duanya. Intinya pilihlah yang kita bisa. Jika booming tetapi tidak bisa menyelesaikan tulisan ya jangan dipilih. Tulislah sesuai yang kita mampu.

Bagaimana cara memunculkan ide supaya bisa menulis dengan sudut pandang yang berbeda, intinya punya kesan yg lebih bermakna?

Banyak membaca. Banyak berlatih. Terus menulis. Hanya itu cara yang harus dipraktikkan. Tidak ada yang instan.

Tips bagi penulis pemula agar bisa rilek menulis

Berusaha menikmati semua yang dikerjakan. Kesibukan itu bukan hambatan menulis. Kuncinya komitmen yang dijalankan dengan riang gembira. Jika ada orang beralasan sibuk lalu tidak menulis, maka ketika banyak waktu luang pun juga tetap tidak menulis. Konsentrasi itu soal latihan. Sebaiknya memang ketika menulis, HP dimatikan. Itu gangguan terbesar. Jadi fokuslah dan teruslah berlatih.

Pesan untuk penulis pemula, jangan menulis yang berat dulu. Imbangi yang sederhana dan ringan tetapi selesai. Itu namanya tulisan berbasis otak kanan. Nah, yang berat itu basisnya otak kiri. Mulainya sebaiknya dari otak kanan. Nanti yang otak kiri akan ikut dengan sendirinya.

Metode  menulis mengemil bagi penulis pemula

Metode itu alat. NGEMIL itu metode. Efektif atau tidak itu ya tergantung kita yang menerapkan.

Bagaimana cara menjadikan apa yang kita alami itu menjadi sesuatu yang spesial, yang bisa dijadikn ide untuk menulis?

Tentu harus banyak membaca, mengamati dan menganalisis tulisan demi tulisan orang yang menulis hal-hal semacam ini. Membaca itu amunisi menulis. Banyak membaca membuat imajinasi kita kaya. Pilihan kosakata bervariasi. Data biasa mampu diolah secara luar biasa. Kuncinya memang sering latihan. Tidak ada yang langsung baik. Butuh terus berlatih agar yang awalnya biasa menjadi luar biasa


Nama                  : Puspitasari Megahana

Angkatan            : KBMN 28

Tema                   : Menulis itu Mudah

Moderator         : Ibu Lely Suryani

Narasumber      : Prof. Dr. Ngainun Naim, M.H.I.

Hari / tanggal     : Jum’at, 27 Januari 2023

 

5 komentar:

Usaha Penerbitan Buku

  Resume ke.        : 30 Gelombang        : 28 Hari, tgl.             : Jumat, 17 Maret 2023 Tema.                  : Usaha Penerbitan...