Selasa, 10 Januari 2023

Menulis setiap hari

Resume 1: Menulis setiap hari

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh...

Teman-teman blogger,,, perkenalkan saya Megahana adalah salah satu peserta Kelas Belajar Menulis Nusantara (KBMN) 28. Saya adalah guru di SDN pademangan Timur 06 Jakarta Utara. Pada pertemuan pertama ini, kelas belajar ditemani oleh Bapak Dail Ma’ruf selaku moderator.

Pada kesempatan hari ini, kita akan menyimak ulasan pembicara dengan materi berjudul: “Menulislah setiap hari”, yang akan disampaikan oleh Dr. Wijaya Kusumah atau akrab disapa “Om Jay”.

Sedikit informasi tentang beliau:

Dr. Wijaya Kusumah, S.Pd, M.Pd , Lahir di Jakarta, 28 Oktober 1972Menyelesaikan pendidikan S1 di IKIP Jakarta pada Jurusan Pendidikan Teknik Elektro (1990-1994). Telah menyelesaikan pendidikan S2 pada Program Studi Teknologi Pendidikan (TP) Pascasarjana UNJ (2007-2009) dan mulai tahun 2014 telah melanjutkan pendidikan ke S3 Program Studi Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ. Alhamdulillah telah mendapatkan gelar doktor pendidikan tahun 2022. Judul Desertasinya adalah “Pengelolaan Blog Kolaboratif Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa”.

 

Untuk bisa menjadi penulis bukanlah perkara instan. Rahasia bisa menulis setiap hari adalah membaca tulisan orang lain. Bila kita rabun membaca, maka kita akan lumpuh menulis. Kapan kita menulis? Pagi, siang, sore, malam, tentu tidak ada waktunya.

Semua orang bisa menulis, karena sudah bisa membaca. Dari banyak membaca, kita bisa menulis. Hanya saja, kemampuan menulis kita belum diasah setiap hari. Kita perlu mengasahnya dengan menulis komentar dari tulisan orang lain. Setelah itu, barulah menulis dari hal yang tidak penting menjadi penting.

Apa saja manfaat menulis? Kita bisa mengaktualisasikan diri dan menyampaikan pesan kepada orang lain dalam bentuk tulisan

Kebanyakan orang tidak bisa menulis karena malas membaca tulisan orang lain. Atau merasa tulisannya yang paling hebat. Padahal di atas langit ada langit. Kita harus melepaskan baju kesombongan kita.

Penulis hebat memulai tulisan dengan banyak membaca. Setelah itu baru mulai menulis. Ibarat dalam makan, membaca tulisan orang lain itu makan dan minum, lalu menulis adalah energi yang dihasilkannya.

Mulailah menulis dari apa yang kita sukai dan kuasai. Dengan cara seperti itu maka menulis terasa mudah. Semua itu dilakukan dari menulis setiap hari. Omjay contohnya, memulai itu semua dari blog pribadi. Jadi menulis setiap hari bukanlah ilmu yang susah untuk dipraktekkan. Kalau kita punya blog, maka menulis setiap hari terasa indah. Tulisan-tulisan kita di blog, bisa menjelma jadi buku bahkan dapat penghasilan tambahan dari menulis.

Menulis setiap hari akan berbuah prestasi ketika kita menulis dengan hati. Dengan menulis dengan hati, maka akan bertemu dengan hati. Menulislah dengan hatimu maka engkau akan bertemu dengan pembaca setiamu.

Menulis itu akan mudah kalau langsung dilihat dan dialami serta didengarkan secara langsung. Makanya kisah nyata lebih disukai banyak orang daripada kisah fantasi.

Menulis setiap hari itu harus ikhlas. Hanya memberi tak harap kembali. Bagi ilmu setiap hari dan bagi pengalaman kepada semua orang.

Hidup seperti orang berjalan di trotoar. Harus hati-hati melangkah. Begitu juga menulis setiap hari. Berpikir sebelum memposting itu penting.

Dengan adanya HP semuanya menjadi mudah. Kita bisa menulis di mana saja dan kapan saja. Bahkan sambil buang air besar kita bisa menulis.

Awali sebuah tulisan dengan menyapa pembaca. Tulis judul yang menarik. Tulis saja sesuai isu terkini. Pasti banyak yg baca. Tipsnya banyak latihan dan baca tulisan orang lain. Itu aja. Jika mau sukses jadi penulis hebat, maka disiplinlah menulis setiap hari, maka kamu akan menemukan keajaiban, apa yang akan terjadi.

Kelemahan penulis pemula adalah malas baca, sehingga tulisannya terasa garing, dan akan makin gurih jika banyak baca.

Penutup akhir dari materi ini adalah, “Menulislah setiap hari. Tulis apa yang kita sukai dan kuasai di blog”. Itu aja sih.

Sampai jumpa pada pertemuan selanjutnya. Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh. Salam Literasi ...


Jakarta, 10 Januari 2023

Resume 1      : Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi

Nara Sumber : Dr. Wijaya Kusumah, M.Pd.

Puspitasari Megahana - KBMN Gelombang 28

8 komentar:

Usaha Penerbitan Buku

  Resume ke.        : 30 Gelombang        : 28 Hari, tgl.             : Jumat, 17 Maret 2023 Tema.                  : Usaha Penerbitan...