Minggu, 05 Maret 2023

Menulis Biografi

 


Menulis Biografi

 

Moderator Bapak Muliadi dari Tolitoli Sulawesi Tengah akan membersamai kita pada pertemuan ini.

Narasumber hebat kita seorang guru penggerak yang akan berbagi pengalamannya kepada kita tentang cara menulis biografi.

Ibu Lely Suryani, S.Pd.SD, adalah narasumber kita. Beliau lahir di Banjarnegara. Saat ini beliau mengajar di SD Negeri 1 Gumelem Kulon, Kecamatan Susukan, Kabupaten Banjarnegara, Propinsi Jawa Tengah. Beliau lulusan guru penggerak angkatan 5.

Untuk mengenal lebih tentang beliau, kita dapat menelusurinya melalui berbagai akun media sosial  berikut: https://lelysuryanikreatifinspiratif.blogspot.com/2023/01/profil-lely-suryani.html

 

Apa yang dimaksud dengan Autobiografi?

Biografi adalah sebuah narasi atau cerita yang berisi kisah kehidupan seseorang, baik yang masih hidup maupun yang telah meninggal dunia. Biografi dapat berisi informasi mengenai latar belakang, masa kecil, pendidikan, pekerjaan, pengalaman hidup, dan pencapaian seseorang selama hidupnya. Biografi dapat ditulis dalam bentuk buku, artikel, atau bahkan film dokumenter. Biografi biasanya ditulis oleh seorang penulis atau biografer yang melakukan riset dan wawancara dengan orang yang menjadi objek biografi dan sumber-sumber lainnya untuk memperoleh informasi yang akurat dan lengkap tentang kehidupan orang tersebut.

 

Apa tujuan menulis Biografi?

1.    Menginspirasi dan memberikan motivasi

Biografi sering kali dijadikan sebagai bahan bacaan yang menginspirasi dan memberikan motivasi bagi pembaca. Kisah sukses dan pengalaman hidup seseorang yang terdapat dalam biografi dapat menjadi contoh bagi pembaca untuk mengatasi rintangan dan mencapai tujuan hidup mereka sendiri.

2.    Merekam sejarah

Biografi dapat menjadi sumber informasi sejarah yang berharga untuk generasi mendatang. Dengan menulis biografi, seseorang dapat merekam kisah hidup orang-orang yang telah berjasa atau mempunyai pengaruh pada masa lampau. Biografi juga dapat merekam suatu periode atau kejadian dalam sejarah.

3.    Memberikan wawasan

Biografi seseorang bisa menginspirasi dan memberikan motivasi.

 

Bagaimana cara atau langkah-langkah menulis biografi?

Lakukan riset tentang orang yang ingin Anda tulis biografinya. Kumpulkan informasi tentang latar belakang, kehidupan awal, pendidikan, karier, pencapaian, dan pengalaman hidup yang menarik. Sumber informasi dapat mencakup wawancara dengan keluarga atau teman dekat, surat, artikel berita, buku, dan sumber-sumber online.

Buat kerangka atau outline untuk biografi. Buatlah daftar peristiwa dan pengalaman penting dalam hidup orang tersebut untuk membantu Anda mengorganisasi informasi.

 

Sekarang kita persandingkan dengan AUTOBIOGRAFI.

Autobiografi adalah kisah atau narasi yang ditulis oleh seseorang tentang hidupnya sendiri, pengalaman-pengalaman penting, dan peristiwa-peristiwa yang memengaruhi kehidupannya. Autobiografi biasanya ditulis dalam sudut pandang orang pertama dan menceritakan sejarah hidup dari awal hingga saat ini. Autobiografi dapat mencakup berbagai topik seperti keluarga, pendidikan, pekerjaan, pernikahan, perjalanan, dan banyak lagi. Autobiografi dapat membantu pembaca memahami pengalaman dan pandangan hidup penulis, dan dapat memberikan wawasan tentang kehidupan dan peristiwa sejarah.

 

Apa tujuan menulis autobiografi?

Tujuan utama menulis autobiografi adalah untuk membagikan kisah hidup dan pengalaman pribadi seseorang dengan pembaca. Beberapa tujuan khusus dari menulis autobiografi dapat meliputi:

1.    Meningkatkan pemahaman diri

Menulis autobiografi dapat membantu seseorang memahami dirinya sendiri lebih baik dengan merefleksikan peristiwa penting dalam hidup mereka dan menghubungkan pola-pola dalam pengalaman hidup.

2.    Menjaga kenangan

Autobiografi juga dapat berfungsi sebagai catatan kenangan bagi penulis dan keluarga mereka, dan dapat membantu mempertahankan warisan keluarga.

3.    Memberikan inspirasi

Autobiografi dapat menjadi sumber inspirasi bagi pembaca, terutama bagi orang yang mengalami situasi serupa atau menghadapi kesulitan dalam hidup.

 

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat diikuti dalam menulis autobiografi:

1.    Lakukan riset dan persiapan

Mulailah dengan membuat daftar peristiwa penting dalam hidup anda, tempat-tempat yang anda kunjungi, orang-orang yang anda temui, dan pengalaman-pengalaman lain yang mungkin anda ingin masukkan dalam autobiografi anda. Lakukan riset tentang masa lalu anda, termasuk sejarah keluarga, lingkungan sosial, dan kebudayaan saat itu.

2.    Tentukan gaya dan fokus

Setelah anda mengetahui gambaran besar dari hidup anda, tentukan gaya dan fokus untuk autobiografi anda. Anda dapat memilih untuk menulis dalam gaya naratif atau reflektif, dan memilih fokus seperti karier, keluarga, atau perjalanan.

3.    Buat kerangka cerita

Buat kerangka cerita untuk autobiografi anda.

 

Apakah boleh kita membuat biografi diri kita sendiri atau mungkin keluarga kita?

Boleh. Ini yang dinamakan Autobiografi. Menulis kisah diri sendiri. Menulis kisah keluarga itu termasuk Biografi.

 

Kriteria seperti apa saja tokoh yang bisa dijadikan objek menulis biografi?

Terkait kriteria obyek biografi, kita sesuaikan dengan tujuan menulis biografi itu sendiri.

 

Dalam penulisan biografi, apakah yang ditulis hal yang baik-baik saja yg dilakukan si tokoh?

Terkait penulisan biografi adalah hal-hal yang baik saja, karena tujuannya adalah untuk kebaikan. Perkara pernah melakukan hal yang kurang baik, sebaiknya jangan ditulis. Karena menutub aib seseorang adalah termasuk kewajiban sebagai sesama manusia. Tulis yang baik - baik saja. Terkait hal yang kurang baik, sekiranya dibalik itu ada kejadian / hikmah yang luar biasa, dan sebagai pembelajaran bagi pembaca, bisa saja ditulis. Namun atas persetujuan tokohnya.

 

Mohon diberikan penjelasan, bagaimana jika ingin membuat cerita biografi almarhum ayah dan outobiografi sendiri?

Menulis kisah Ayah sangat mudah tinggal tulis saja kisah masa kecil, masa sekolah, masa remaja, masa awal berkeluarga dst.

Demikian juga untuk Auto biografi. Ingat-ingat masa kecil, masa sekolah, masa remaja, masa berkeluarga, sampai sekarang.

 

Apabila kita menulis kisah dari salah satu keluarga, misal ayah, ibu, anak, istri, atau cucu, hanya berdasarkan cerita mereka, apakah sudah bisa diangkat sebagai buku kisah biografi?

Buku biografi ya seperti itu. Sebagai penunjang dan penguat, kita tanya jawab dengan orang terdekat.

Misalnya, ayah dan ibu sedang kumpul, adakan diskusi. Dari masing-masing penuturan beliau-beliau, pasti ada sisi menariknya. Itulah yang kita angkat.

 

Apakah yang harus diperhatikan dalam menulis biografi kalau orangnya sudah meninggal? Apa yang harus disiapkan oleh si penulis?

Jika tokoh yang akan ditulis sudah meninggal, lakukan wawancara dengan orang-orang terdekat beliau. Mulai dari saudara kandungnya, teman masa kecil, teman sekolah, hingga anak kandung yang lain, untuk menceritakan sosok ayah menurut mereka.

 

Adakah syarat khusus untuk menulis Autobiografi? Misalnya pencapaian kita, prestasi, pengalaman unik, dll.?

Untuk Autobiografi, karena pengalaman diri sendiri, maka sudah diketahui prestasi dan pencapaian kita. Untuk prestasi dan pencapaian, sekecil apapun itu adalah bukti kita BISA. Bukti kita mendapat nikmat dari Allah. Maka ditulis saja.

 

Bagaimana kiat-kiatnya menjaga semangat untuk terus menulis dan dapat konsisten menulis?

Untuk bisa menjaga konsisten dan komitmen menulis, hal yang paling penting adalah berkumpullah dengan komunitas yang memiliki visi dan misi yang sama.

 

Kalau untuk membuat autobiographi, apakah kita juga harus mempunyai saksi orang lain dan mewawancarainya untuk memperkuat informasi?

Untuk kisah diri sendiri, jika memang diperlukan, orang lain bisa dimintai pendapat / pandangan.

 

Apakah boleh menulis autobiografi diri sendiri, meskipun tidak mempunyai prestasi yang gemilang?

Boleh pakai banget. Apa yang kita capai sekarang merupakan prestasi gemilang. Jangan membandingkan dengan orang lain. Begitu prinsipnya.

 

Bagaimana cara menulis biografi agar menjadi menarik dan anti klimaks sehingga yang membacanya  terbawa emosi, apakah perlu "bumbu-bumbu"?

Tidak masalah. Yang penting apa yang kita tulis harus dikomunikasikan dengan tokohnya. Jika setuju bisa dilanjut, jika tidak berkenan kitapun tidak boleh memaksa..

 

Bolehkah autobiografi diceritakan dalam bentuk cerpen atau cerber? Jika boleh, patokan khusus apa yang harus dilakukan?

Bebas. Cerita bersambung, antar masa. Jadi tidak melulu, narasi-narasi saja.

 

Bagaimana cara mengatasi kekurangan sumber informasi dalam penulisan biografi (baik itu sumber pustaka maupun saksi hidup)?

Untuk penulisan biografi, dari awal kita sudah menulis drafnya. Jadi, sumber yang ditetapkan juga menyesuaikan dengan draf yang telah disusun atau sebaliknya. Kita punya sumber siapa saja yang bisa membantu penulisan biografi, sesuaikan dengan draf.

 

Bolehkah menjadikan autobiografi dalam buku antologi dijadikan buku solo?

Wah ini malah lebih mudah. Karena naskah sudah ada, tinggal disatukan dan diurutkan kisahnya.

 

Apa yang menjadi ciri khusus karya biografi?

Ciri buku biografi ya kisah orang lain yang kita tulis. Untuk masing-masing tokoh tentu berbeda kisahnya.

 

Berapakah batas minimal jumlah halaman sebuah biografi maupun autobiografi?

Batasan minimal sama dengan buku-buku lain, kurang lebih 150 - 160 halaman. Biar ada punggung bukunya.

 

Para pemerhati literasi, yang selalu siap beraksi. Mengeksekusi aksara menjadi karya yang dinanti.

Jangan patah semangat. Untuk menunjukkan bahwa kita bisa karena biasa.

Menulislah dengan hati agar hasilnya berarti.

 

 

Puspitasari Megahana, Angkatan 28

Tema                   : Menulis Biografi

Hari / tanggal       : Jum’at, 3 Maret 2023

Narasumber          : Lely Suryani, S.Pd.SD.

Moderator            : Muliadi, M.Pd.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Usaha Penerbitan Buku

  Resume ke.        : 30 Gelombang        : 28 Hari, tgl.             : Jumat, 17 Maret 2023 Tema.                  : Usaha Penerbitan...