LEMBAR KERJA 3.1
PUSPITASARI MEGAHANA
NO UKG. 201698203791
PENDIDIKAN
PROFESI GURU DALAM JABATAN
PENDIDIKAN
GURU SEKOLAH DASAR
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
BENGKULU
2022
LK
3.1 Menyusun Best Practices
Menyusun Cerita Praktik Baik (Best Practice) Menggunakan Metode Star (Situasi, Tantangan,
Aksi, Refleksi Hasil Dan Dampak)
Terkait
Pengalaman Mengatasi Permasalahan Siswa Dalam Pembelajaran
Lokasi
|
SDN PADEMANGAN TIMUR 06 |
Lingkup
Pendidikan |
Sekolah Dasar |
Tujuan
yang ingin dicapai |
Meningkatkan
keaktifan dan kemampuan berpikir analisis peserta didik kelas VI pada mata pelajaran Tematik |
Penulis
|
Puspitasari Megahana |
Tanggal
|
12 Desember 2022 (PPL Aksi 1) 3 Januari 2023 (PPL Aksi 2) |
Situasi: Kondisi
yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk
dibagikan, apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini. |
Kondisi
yang menjadi latar belakang masalah, mengapa praktik ini penting untuk dibagikan,
apa yang menjadi peran dan tanggung jawab anda dalam praktik ini.
Mengapa praktik ini penting untuk dibagikan karena permasalahan yang terjadi dan saya alami di lingkup kelas atau sekolah saya mungkin juga terjadi kepada Bapak/Ibu guru lain di luar sana. Oleh karena itu, harapan saya selain ini menjadi motivasi dan solusi untuk saya pribadi, juga ingin membagikan praktik baik ini agar bisa dijadikan motivasi juga referensi bagi rekan-rekan guru yang mengalami hal sama. Sehingga memberikan dampak positif atau perubahan-perubahan/inovasi pada kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan ke depannya. Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini yaitu sebagai seorang guru pastilah bertanggung jawab untuk bisa melakukan kegiatan pembelajaran secara efektif sehingga tujuan dari pembelajaran itu sendiri juga hasil belajar peserta didik dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Adapun cara agar tujuan tersebut tercapai yakni dengan mengimplementasikan model pembelajaran yang tepat dan inovatif sesuai dengan indikator dan tujuan pembelajaran, juga menggunakan metode pembelajaran yang variatif (tidak hanya metode ceramah). |
Tantangan : Apa
saja yang menjadi tantangan untuk mencapai tujuan tersebut? Siapa saja yang
terlibat, |
Tantangan
yang dihadapi oleh guru untuk mecapai tujuan adalah:
Berdasarkan tantangan tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa tantangan yang dihadapi guru terkait dengan kompetensinya yakni kemampuan pedagogik dan profesional sedangkan dari peserta didik yakni motivasi belajar. Yang terlibat dalam terlaksananya best practice ini antara lain:
|
Aksi : Langkah-langkah
apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang
digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber
daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini |
Langkah-langkah
apa yang dilakukan untuk menghadapi tantangan tersebut/ strategi apa yang
digunakan/ bagaimana prosesnya, siapa saja yang terlibat / Apa saja sumber
daya atau materi yang diperlukan untuk melaksanakan strategi ini Langkah-langkah yang dilakukan untuk menghadapi tantangan adalah:
· Strategi yang dilakukan guru
yaitu memilih untuk menggunakan model pembelajaran PjBL sedangkan untuk
metodenya berupa ceramah variasi, diskusi kelompok dan tanya jawab. ·
Proses yang dilakukan yaitu
dengan memahami sintaks model apakah sesuai dengan indikator, tujuan
pembelajaran, juga materi yang akan dipelajari oleh peserta didik. ·
Sumber daya yang diperlukan
yaitu guru harus memahami sintaks model pembelajaran PjBL dan juga memiliki pengetahuan
tentang jenis-jenis metode yang dipakai dalam pembelajaran. 2. Penyesuaian jam mengajar dan
jadwal PPL yang akan dilaksanakan · Strategi yang dilakukan guru
dengan menggunakan jadwal mengajar di kelas pada jam pertama agar tidak mengganggu
jadwal mata pelajaran yang lain. · Proses yang dilakukan dengan
memberikan informasi kepada peserta didik pada pertemuan tersebut akan
dilakukan pengambilan video agar waktu pengambilan video tidak molor ·
Sumber daya yang diperlukan
yaitu kemampuan untuk mengkondisikan kelas agar lebih kondusif dari biasanya.
3. Penggunaan media pembelajaran
yang menarik dan mudah dipahami oleh peserta didik ·
Strategi yang dilakukan guru
yaitu memilih media pembelajaran yang mudah dipahami peserta didik dengan
memanfaatkan gambar gambar, video Youtube yang sesuai dengan cakupan materi
yang ditayangkan dalam bentuk slide powerpoint. ·
Proses yang dilakukan yaitu
dengan mencari gambar atau video yang relevan dengan materi yang akan
dipelajari oleh peserta didik. ·
Sumber daya yang diperlukan
yaitu kemampuan guru dalam mengaitkan atau menghubungkan apakah gambar atau
video tersebut sudah sesuai dengan materinya. · Strategi yang dilakukan guru
yaitu dengan melakukan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan dan berpusat
pada peserta didik. Dimana tahapan-tahapan kegiatan tersebut telah
disesuaikan dengan sintaks model pembelajaran yang dipilih dan dirancang oleh
guru dalam RPP. ·
Proses yang dilakukan yaitu
merancang kegiatan pembelajaran dalam RPP sesuai dengan model pembelajaran
yang terpilih. · Sumber daya yang diperlukan
yaitu kemampuan guru dalam merancang dan menyusun setiap kegiatan
pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik agar lebih termotivasi dan
aktif sehingga hasil belajarnya akan meningkat. |
Refleksi Hasil dan dampak Bagaimana
dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya
efektif? Atau tidak efektif? Mengapa?
Bagaimana respon orang lain terkait dengan strategi yang dilakukan, Apa yang
menjadi faktor keberhasilan atau ketidakberhasilan dari strategi yang
dilakukan? Apa pembelajaran dari keseluruhan proses tersebut |
Bagaimana
dampak dari aksi dari Langkah-langkah yang dilakukan? Apakah hasilnya
efektif? Atau tidak efektif? Mengapa? Bagaimana respon orang lain terkait
dengan strategi yang dilakukan, Apa yang menjadi faktor keberhasilan atau
ketidakberhasilan dari strategi yang dilakukan? Apa pembelajaran dari
keseluruhan proses tersebut Dampak dari aksi dari langkah-langkah yang dilakukan antara lain:
Dalam proses pembelajaran yang berlangsung, dengan menggunakan strategi tersebut respon dari lingkungan sekitar yaitu dari peserta didik dan teman sejawat memberikan respon positif diantaranya sebagai berikut:
Faktor keberhasilan pembelajaran ini ditentukan dari penguasaan guru terhadap model dan metode pembelajaran, media pembelajaran dan langkah langkah pelaksanaan dalam rancangan RPP yang telah dibuat. Pembelajaran yang bisa diambil dari proses dan kegiatan yang sudah dilakukan oleh guru yakni dapat menjadikan guru lebih kreatif dan inovatif dalam memilih dan menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan indikator materi pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan baik |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar